Animated Spinning Kunai - Naruto

Isnin, 30 Oktober 2023

Apa itu TIK?

 

PENGERTIAN TIK



            TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan sebuah proses dalam menyampaikan suatu informasi. Informasi akan disampaikan melalui berbagai pengolahan data. Pengolahan data tersebut akan melibatkan pengiriman dan penerimaan informasi menggunakan berbagai simbol tertentu.

            TIK adalah wujud dari suatu sistem yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. TIK akan mengikuti kemajuan perkembangan dari teknologi dunia. Pengertian TIK juga merupakan paying besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses sekaligus menyampaikan informasi.

Peran TIK

            Peran teknologi informasi dan komunikasi sangatlah banyak. Bahkan dapat dikatakan mencakup seluruh bidang kehidupan. Berikut ini adalah beberapa contoh peran TIK di berbagai bidang kehidupan:

1. Bidang ekonomi

            Teknologi informasi dan komunikasi memang berperan penting di bidang ekonomi. Berikut ini adalah contoh peran TIK dalam bidang ekonomi:

a.     -  Electronic Commerce (E-commerce)

b.   -   Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

c.     - SMS Banking

2. Bidang pendidikan

            Selain bidang ekonomi, bidang pendidikan juga mengalami perkembangan. Semua itu berkat peran TIK di dalamnya. Bidang pendidikan jadi bisa mengalami sebuah inovasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

a.      - Perpustakaan Online (Digital Library) 

b.      - Buku Sekolah Elektronik (E-book) 

c.        - Kelas Online (E-learning)

    Buku ini tidak saja membahas tentang bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana komunikasi antara guru dan siswa seperti disebut di atas, juga tentang Komunikasi sebagai alat analisis pembelajaran. Operasi matematik dan statistika dalam program komputer dapat membantu guru menganalisis siswa dalam proses belajar, yang selama ini lebih banyak dilakukan secara subjektif.

3. Bidang Pemerintahan

    Rupanya pemerintah juga mengetahui bahwa masyarakatnya sudah semakin maju dalam hal teknologi. Selain itu, mengingat juga bahwa penggunaan media sosial masyarakat juga sangat tinggi. Hal itu karena adanya perkembangan TIK. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah juga membuat layanan yang di dalamnya terdapat peran TIK. Di antaranya adalah sebagai berikut:

a.      - Electronic Government (E-government)

b.     - Hasil Pemilihan Umum

 

Manfaat TIK

1. Media untuk bertukar informasi

            Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang sangat berdampak bagi media. Berlaku baik media cetak maupun media online. Media-media tersebut dapat digunakan dengan mudah berkat perkembangan teknologi tersebut.

            Contoh sederhananya seperti media cetak yang kini sudah mulai beralih menjadi media online. Umumnya, dulu orang akan membaca media cetak berupa koran untuk mengetahui berita-berita yang sedang terjadi. Namun hal itu kini sudah berganti, media cetak berinovasi menjadi media online.

            Saat ini, banyak orang dengan mudah dapat membaca berita melalui media online. Tidak hanya itu, sudah banyak pula portal-portal berita yang berkembang. Hal yang lebih memudahkannya lagi adalah adanya pemisahan berita yang memudahkan pembaca, seperti berita kesehatan, politik, pendidikan dan lain-lain.

2. Sarana komunikasi

            Sudah menjadi rahasia umum bahwa teknologi informasi dan komunikasi akan memberikan dampak yang luar biasa pada sarana komunikasi. Melalui perkembangannya, sarana komunikasi dapat berkembang menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, jangkauan yang dihasilkan juga lebih luas.

            Dahulu, mungkin orang berkomunikasi hanya dari satu orang ke orang lain saja. Selain itu, mereka mungkin juga harus menunggu lama untuk informasi tersebut sampai. Akan tetapi, sekarang sudah berbeda.

            Komunikasi bisa dilakukan bahkan dari satu negara ke negara lain. Hal tersebut juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini adalah salah satu manfaat adanya teknologi informasi dan komunikasi.

3. Mempermudah pekerjaan

            Manfaat teknologi informasi dan komunikasi selanjutnya adalah mempermudah pekerjaan. Dahulu, orang yang ingin melamar kerja harus datang ke tempatnya ingin melamar. Selain itu, ia juga harus menyiapkan berkas-berkas yang berupa surat lamaran atau sebuah dokumen.

            Hal-hal tersebut harus dilakukan dalam mencari pekerjaan. Belum lagi akan memenuhi panggilan wawancara bila lolos ke tahap selanjutnya. Hal itu tentu sedikit melelahkan bagi mereka yang datang dari daerah yang jauh.

            Akan tetapi, berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semua itu dapat dipermudah. Pelamar kerja tidak perlu datang lagi untuk menyerahkan berkas. Mereka hanya perlu mengirimkan melalui surel saja, sehingga berkas berbentuk file. Begitu pula dengan wawancara yang bisa dilakukan secara online melalui berbagai media yang sudah berkembang saat ini.

4. Menghemat biaya

            Menghemat biaya juga merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi informasi dan komunikasi. Contohnya seperti di dalam bidang pendidikan. Melakukan privat atau kursus secara online bisa menghemat biaya daripada dilakukan secara langsung atau offline.

5. Meningkatkan produktivitas pekerjaan

            Berkat adanya TIK atau teknologi informasi dan komunikasi, seseorang bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Mereka bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan mudah. Selain itu, mereka juga dapat melakukan pekerjaan dengan cepat. Hal itu akan meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan pekerjaannya.



Nah, itulah pengertianTIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), Peran TIK dan Manfaatnya. Jadi, jangan sampai bingung jika ditanya atau ada pembahasan tentang TIK.  Semoga bermanfaat!

 Artikel ini dikutip dari bebarapa sumber


Tiada ulasan:

Catat Ulasan