Animated Spinning Kunai - Naruto

Sabtu, 16 September 2023

Cara Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

 

          Nabi Muhammad SAW yang merupakan junjungan umat Islam, pemberi arah dan petunjuk kehidupan telah meninggalkan banyak sekali pelajaran, ilmu dan pengetahuan kehidupan bagi umat manusia, khususnya bagi umat Islam. Salah satu pelajaran yang beliau tinggalkan adalah kiat-kiat agar tubuh secara fisik terjaga kesehatannya. “Sungguh merugi bagi kita umat Islam apabila tidak mengikuti langkah junjungan kita dalam menjaga kesehatan” 

I.

Dalam hal Makan

 

a.

Sunah Nabi

 

 

-  Makan secukupnya dan jangan berlebihan

-  Berhenti makan sebelum kenyang, jangan melanjutkan makan terlebih apabila sudah   kenyang

-  Kunyahlah makanan sebanyak 35 kali baru ditelan

 

 

b.

Jangan biasakan makan malam (setelah jam 20.00) dan sehabis makan jangan langsung tidur Allah SWT memberikan kita karunia yang sangat maha, yaitu adanya siang dan malam. Siang diperuntukkan untuk ikhtiar dan malam untuk istirahat. Termasuk organ tubuh juga memerlukan istirahat di malam hari dan apabila organ tubuh, khususnya pencernaan dipaksa dimasuki makanan pasti tidak akan semuanya terproses dan lebih banyak terjadi penimbunan-penimbunan yang mengganggu dan merusak organ tubuh.

II.

Dalam hal tidur/istirahat

 

a.

Jangan tidur larut malam, jam 23.00 usahakan sudah tidur. Antara jam 23.00 - 01.00 organ dalam akan mengalami proses perbaikan, dan proses ini bisa berjalan dengan baik apabila kita dalam posisi tidur. Kita ambil saja contoh, organ hati. Apabila kita terbiasa tidur larut malam melebihi jam 23.00 hati akan rusak dan inilah penyebab utama terjadinya diabetes (sumber penyebab diabetes tidak hanya pankreas).

 

b.

Jangan tidur setelah sholat subuh. Aliran darah ke otak akan tersumbat, gampang pikun dan penyebab utama penyakit stroke.

 

c.

Jangan tidur antara waktu 'asyar hingga waktu 'isya, daya tahan tubuh menurun dan gampang sakit.

III.

Dalam hal minum

 

a.

Minumlah air putih 2 liter sehari, Nabi Muhammad SAW memberikan tuntunan sebagai berikut :

 

 

-   Bangun tidur minum 1 gelas.

-   Sebelum sholat subuh 1 gelas.

-   Setelah sholat subuh 1 gelas.

-   Sebelum mandi 1 gelas.

-   Sesudah mandi 1 gelas.

-   Kemudian genapilah 2 liter sampai jam 18.00

 

b.

Adab minum, sebagai berikut:

 

 

-   Duduk.

-   Pakai tangan kanan.

-   Seteguk demi seteguk.

-   Baca basmala; dan

-   Alhamdulillah.

 

c.

Pada malam hari, apalagi akan tidur cukup 1 atau 2 teguk, tidak boleh 1 gelas/lebih karena bisa merusakkan organ ginjal.

IV.

Berpuasa

Selain puasa Ramadhan, ada beberapa puasa sunnah yag sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan. Seperti puasa Senin Kamis, puasa Daud, puasa 6 hari di bulan Syawal, dsb. Puasa sendiri selain dari mengontrol hawa nafsu dan bernilai ibadah, dalam aspek kesehatan sangat baik untuk mendetoks tubuh. Puasa sangat baik untuk membersihkan racun dalam tubuh dan mengatur hormon atau sistem tubuh untuk kembali normal.

Menurut direktur Medical Centre of Marin, Amerika Serikat, Elson M Haas, ketika berpuasa terdapat proses pembersihan yang merupakan dari trilogi nutrisi, balancing, building dan toning. Dengan adanya proses tersebut, efeknya adalah mengurangi lemak, menstabilkan gula darah, dan menstabilkan tekanan darah. Untuk itu, melaksanakan puasa sunnah sangatlah menguntungkan bagi kesehatan dan tentunya bernilai pahala di hadapan Allah SWT.

Betapa mudah untuk melaksanakan sunnah Rasulullah karena Islam adalah agama yang memudahkan dan menyelamatkan. Selamat menjalankan dan mempraktikkannya, semoga kesehatan dan keselamatan senantiasa menyertai kita semua. 

V.

Memelihara hati/perasaan kita dari sikap iri dan dengki

Dalam rangka menghindari sifat iri dan dengki, kita perlu memahami bahwa setiap individu telah mendapatkan takdir dan pemberian dari Allah yang berbeda-beda sesuai kadarnya masing-masing. Dengan memahami ini, kita dapat merasa lebih tenang dan puas dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita. Jika iri dan dengki tetap bercokol dalam diri kita, maka lambat laun sikap syukur akan pupus karena iri dengki merupakan pembunuh rasa syukur.

Untuk lebih lengkap Memelihara hati dan perasaan bisa cek link dibawah:

Sumber: 
https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-iri-dan-dengki-pembunuh-rasa-syukur-xx7An

Tiada ulasan:

Catat Ulasan